Cara Budidaya Ikan Nila Untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Nila – Kata siapa budidaya ikan nila itu susah? Nyatanya, langkah budidaya ikan nila itu gampang, lho. Perlu untuk diketahui, jika ikan nila ini masih tetap saudaraan dengan ikan mujair. Jadi, dapat disebutkan jika budidaya ikan nila ini hampir serupa dengan budidaya ikan mujair. Sebab ke-2 ikan ini mempunyai karakter yang hampir serupa. Beberapa orang yang katakan jika ke-2 ikan ini saudara kembar. Bahkan juga banyak orang masih tetap susah untuk memperbedakan kedua-duanya.

Tidak usah panjang lebar, berikut adalah Cara Budidaya Ikan Nila untuk pemula!

Cara Budidaya Ikan Nila Untuk Pemula

Cara Budidaya Ikan Nila

Cara Budidaya Ikan Nila

Pilih Benih Ikan Nila

Langkah budidaya ikan nila yang pertama ialah pilih benih yang berkualitas. Penentuan benih ikan nila ini dapat disebutkan menjadi aspek referensi atau aspek penting dari faktor-faktor yang lain. Sebab aspek ini adalah titik awal yang bisa memastikan kesuksesan dari budidaya ikan nila ini. Akan tetapi, bukan bermakna faktor-faktor lainnya termasuk tidak terpenting, semua penting juga sebab semua sama-sama berkaitan serta terkait.

Dalam penentuan benih ikan nila, semestinya Anda pilih benih ikan nila yang berkelamin jantan. Perihal ini akan membawa hasil yang optimal dibanding Anda pilih benih ikan nila yang betina. Mengapa dapat demikian? Hal tersebut dikarenakan jika ikan nilai yang berkelamin jantan ini 40% bertambah cepat dibanding ikan nila berkelamin betina dari sisi pertumbuhannya.

Jadi, tidak salah, bila Anda seringkali lihat ikan-ikan nila yang besar atau dewasa di sejumlah toko ikan ini umumnya ikan nila yang berkelamin jantan. Sebab ikan nila jantan pertumbuhannya bertambah cepat dibanding dengan ikan nila betina.

Persiapan Kolam Budidaya

Anda tidak butuh cemas masalah kolam atau penangkaran untuk budidaya ikan nila ini. Sebab, ikan nila ini dapat dibudidaya di beberapa type kolam. Anda dapat memakai kolam semen, kolam tanah, kolam terpal, kolam semen, jaring terapung, atau bahkan juga Anda dapat juga memakai tambak air payau. Beberapa kolam itu begitu gampang dalam membuatnya. Itu penyebabnya mengapa beberapa orang yang menjelaskan jika budidaya ikan nila ini begitu gampang dikerjakan.

Akan tetapi, dari beberapa type kolam diatas, jika kolam tanah lah yang sering dipakai dalam budidaya ikan nila. Sebab, tidak hanya membuatnya yang cukuplah gampang, modal untuk membuatnya juga relatif murah. Itu penyebabnya, mengapa banyak peternak ikan yang memakai kolam tanah dalam budidaya ikan nila. Sebab kolam tanah ini tambah murah serta gampang membuatnya dibanding dengan memakai type kolam yang lain.

Meskipun kolam tanah adalah type kolam untuk budidaya ikan nila yang termasuk gampang serta murah dalam membuatnya, akan tetapi kolam tanah ini pula mempunyai kelebihan yang lebih bila dibanding dengan kolam ikan nila type yang lain. Kolam tanah ini adalah tempat tumbuhnya beberapa tumbuhan serta hewan-hewan air kecil yang nanti dapat dipakai menjadi pakan alami ikan nila Anda. Jadi, Anda tidak butuh cemas kan dalam pemberian pakan pada ikan nila Anda. Akan tetapi, Anda harus tetap memberi pakan yang kaya nutrisi serta gizi buat ikan nila Anda, supaya dia bisa tumbuh serta berkembangbiak dengan baik serta alami.

Dalam pembuatan kolam memang sangat membutuhkan biaya cukup banyak ya, maka dari itu saya merekomendasikan pinjaman online dari dutaperbankan.com, karena proses cukup mudah dan cepat cair.

Cukup mudah bukan Cara Budidaya Ikan Nila Untuk Pemula diatas? Jika masih membutuhkan panduan lebih mendalam, bisa kirim email untuk menanyakan panduan berupa video!

Reply