Cara Mengurus P-IRT Bagi Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah

Cara mengurus P-IRT – Saat ini, gemuruh masyarakat dalam mengembangkan usaha rumahan itu kian besar. Hal ini bisa kita lihat semakin banyaknya produk yang di jual baik melalui toko-toko offline maupun toko yang ada di marketplace.

Ada hal yang perlu di sadari bahwa, ketika kita membeli barang makanan atau minuman adalah label yang ada di kemasan. Jika barang tersebut memiliki izin edar serta memiliki izin produksi. Maka produk makanan atau minuman tersebut akan memiliki P-IRT.

P-IRT singkatan dari Pangan Industri Rumah Tangga. Jadi semua produk industri skala kecil yang di buat di rumah atau kerap di sebut juga industri rumahan wajib mendapatkan no. P-IRT ini.

Nah, bagi kita yang baru terjun di dunia usaha rumahan ini. Tentunya hal yang paling awal perlu di persiapkan adalah memperbaiki segala pengurusan perizinan ini. Agar bisnis kita berjalan lancar ke depannya. Jadi kita perlu mengetahui cara membuat izin usaha rumahan. Salah satunya adalah P-IRT

 

cara mengurus P-IRT

 

Cara Mengurus P-IRT

  • Kita perlu mendatangi Dinas Kesehatan Daerah. Nantinya kita akan di arahkan keruangan pengurusan P-IRT
  • Pada pengurusan P-IRT, kita akan di berikan beberapa formulir yang wajib di isi. Meliputi :
  • Formulir permintaan mengikuti penyuluhan
  • Formulir pengisian fasilitas produksi
  • Formulir data produksi makanan

Setelah semua form di atas di isi. Maka di setorkan kembali sesuai kesepakan sebelumnya dengan menyertakan kelengkapan lain sebagai berikut

  1. Hasil uji mutu Air / sanitasi dari Puskesmas terdekat
  2. Foto copy KTP
  3. 1 lembar Denah/peta lokasi
  4. 1 lembar Pas photo berwarna 3 x 4
  5. 4 lembar Design label paket/merk yang akan dipakai

 

Biasanya kita akan di berikan surat undangan untuk mengikuti pelatihan atau penyuluhan yang di adakan oleh DinKes. Adapun waktunya di sesuaikan dengan peserta yang lain.

Untuk biaya sendiri, berkisar 100-200 ribu untuk ikut penyuluhan. Tetapi hal ini sangat relatif bergantung pada daerah masing-masing. Karena dari eberapa daerah yang kami dengar. Untuk pengurusan P-IRT ini sudah di gratiskan. Malah untuk ikut penyuluhan, konsumsi selama penyuluhan berlangsung itu di tanggung.

Setelah itu, tentunya dari berkas yang di masukkan akan di survey oleh petugas kesehatan. Dari hasil survey ini akan di sampaikan mengenai hasilnya.

Demikianlah artikel cara mengurus P-IRT bagi pelaku usaha kecil yang hendak merintis usaha di bidang industri makanan skala rumahan ini. Terima kasih semga bermanfaat !

 

Reply