Definisi Tungau Debu Lengkap Dengan Fakta Menariknya

Kasur yang tak terjaga kebersihannya seringkali menjadi sarang tungau debu. Jika tidak segera ditangani, tungau tersebut bisa mengganggu kesehatan penghuni rumah. Adapun beberapa masalah kesehatan yang disebabkan oleh tungau ialah penyakit asma, alergi, flare eksim dan masih banyak lainnya. Untuk lebih mengenal apa itu tungau, ada baiknya anda simak ulasan yang kami bagikan di bawah ini.

baca juga tulisan mengenai sedot tungau jakarta

Definisi Tungau Debu

Tungau atau yang juga dikenal dengan sebutan kutu debu rumah ialah hewan kecil yang seringkali ditemukan di permukiman manusia. Ukuran hewan ini benar-benar kecil karena tak bisa dilihat tanpa mikroskop ataupun kaca pembesar. Untuk karakteristik selanjutnya, tungau debu adalah jenis hewan yang memiliki delapan kaki. Sebenarnya tungau bukanlah jenis serangga sejati, akan tetapi masuk ke dalam jenis laba-laba.

Fakta Tungau

Ada banyak fakta menarik dari tungau debu di kasur yang perlu untuk anda ketahui. Fakta menarik yang pertama ialah tungau tak menggigit manusia. Seperti yang diketahui, ada banyak anggapan yang menilai bahwa tungau suka menggigit manusia. Anggapan tersebut muncul karena munculnya bintik memerah yang disertai rasa gatal. Padahal hal tersebut seringkali disebabkan oleh serangga lain yang juga bersarang di kasur anda.

baca juga artikel berikut tentang jasa sedot tungau jakarta

Selain itu, fakta selanjutnya dari tungau debu penyebab alergi ini ialah cara pembasmiannya. Seperti yang telah sedikit diulas di atas, tungau harus segera ditangani supaya tak berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk menanganinya, anda tak perlu menggunakan bahan kimia. Anda hanya membutuhkan bahan-bahan alami, seperti minyak pohon teh atau minyak kayu putih yang mudah didapatkan.

Fakta lainnya dari tungau debu yaitu siklus hidupnya yang bervariasi. Hal ini dikarenakan siklus hidup tungau dipengaruhi oleh lingkungan dan spesiesnya. Dimana untuk tungau jantan, hidupnya bisa 10-19 hari. Sementara tungau betina bisa hidup hingga 70 hari. Selain itu, setiap harinya tungau debu bisa mengandung 1-3 butir telur. Pada umumnya, telur tersebut bisa menetas dalam kurun waktu 6-12 hari dengan larva yang kakinya 6. Perlu untuk anda ketahui, tungau betina dewasa yang sudah kawin dapat menghabiskan 60-100 telur dalam waktu 5 minggu sebelumnya.

Reply