Kenapa Belajar Business Development Begitu Menjanjikan? Ini Alasannya

Business Development memiliki tugas untuk menyusun target serta strategi jangka panjang sebuah organisasi, membangun hubungan dengan pelanggan, identifikasi peluang bisnis, negosiasi, sampai memonitor perkembangan pasar. Dengan beragam tugas yang diembannya, tidak heran karenanya prospek kerja Business Development juga terbilang sangat menjanjikan.

Orang yang menggeluti profesi Business Development seringkali ditempatkan pada bagian penting di sebuah perusahaan, seperti contohnya ditempatkan pada bagian penjualan. Selain dari prospek pekerjaan yang begitu menjanjikan, berikut ada banyak alasan lainnya kenapa harus mendalami bidang satu ini:

Mendapat lebih banyak pengetahuan pada bidang teknis

Kemampuan bidang teknis merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan di masa depan yang tentunya akan diburu banyak perusahaan baik perusahaan startup maupun besar, karenanya Business Development merupakan bidang yang paling tepat untuk dipelajari jika Anda menginginkan pekerjaan yang pasti di masa depan.

Bidang teknis yang dipelajari pada bagian ini seperti pembuatan proposal contohnya, bukan hanya itu saja bidang ini juga mengharuskan Anda untuk dapat memahami tentang inovasi terbaru yang ada dengan baik, teknologi terbaru yang berkembang, sampai pada praktik terbaik untuk sebuah menghadapi isu yang lebih spesifik. Ada banyak prodi yang mempelajari bidang ini, salah satunya bisa ditemukan di kuliah online di Pintaria.

Menariknya lagi, Business Development juga menyediakan kesempatan untuk belajar serta berdiskusi dengan para profesional lainnya guna mendapatkan sebuah proposal yang menarik. Dengan kemampuan yang telah diasah tersebut, bukan hanya berguna untuk meningkatkan kualitas proyek sebuah tim namun juga bisa digunakan tatkala ingin membuat proyek sendiri.

Mendapatkan skill penunjang karir

Memiliki pengalaman kerja merupakan syarat minimal untuk dapat diterima bekerja pada sebuah perusahaan, namun bukan hanya itu saja, selain pengalaman bekerja juga dibutuhkan kemampuan / skill agar CV yang diajukan ke perusahaan tersebut terlihat lebih menarik dan mendapatkan perhatian lebih pihak HRD.

Pengalaman kerja tanpa disertai skill yang memadai tentunya menjadi sebuah pertanyaan yang besar, karenanya Business Development memberikan banyak skill mumpuni yang bisa ditunjukkan tatkala seseorang ingin melamar pekerjaan.

Contoh kemampuan atau skill yang ditawarkan bidang ini ada dalam hal kemampuan menulis, belajar Business Development memungkinkan Anda mampu menulis secara singkat dan persuasif, skill mengembangkan partnership, skill menyusun anggaran yang realistis, dan kemampuan bekerja dalam tim.

Peluang kerja yang luas

Ada banyak prospek kerja Business Development yang begitu menarik dan menjanjikan, hal ini dikarenakan sedikit orang yang mempelajari bidang yang satu ini namun banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan untuk mengisi bagian ini. Kebanyakan orang memilih mempelajari bidang ilmu yang lebih spesifik, seperti Management Trainee contohnya.

Banyak perusahaan yang membutuhkan keahlian dari bidang Business Development, mulai dari perusahaan besar sampai perusahaan baru (startup) untuk memajukan perusahaannya dan bersaing dalam menguasai pasar. Terlebih di masa depan, melihat perkembangan pasar yang semakin meningkat dari waktu ke waktu dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, pasti akan lebih banyak lagi perusahaan yang membutuhkan seorang Business Development untuk mengatasi persaingan tersebut.

Peluang karir yang beragam

Bukan hanya bekerja di bagian Business Development saja, namun tidak jarang pihak perusahaan juga kadang menempatkan karyawan bagian ini pada bagian lain seperti dalam tim proyek baru perusahaan tersebut. Biasanya karyawan yang sudah berpengalaman dalam bidang ini dianggap sebagai orang yang paling mengerti program tersebut, hal ini tentunya bisa menjadikan karier lebih cepat naik.

Jika merasa bosan bekerja di sebuah perusahaan di bawah perintah bos, orang yang belajar Business Development juga bisa membangun peluang usahanya sendiri dengan skill yang sudah didapatkannya.

Salary yang menjanjikan

Bekerja pada bidang Business Development tentu menjanjikan salary atau gaji yang menggiurkan, biasanya sebuah perusahaan tidak hanya menawarkan gaji pokok namun juga ada intensif bagi pekerja bidang ini jika memenuhi target perusahaan. Bekerja pada bidang Business Development memang merupakan salah satu bidang kinerjanya dapat terukur secara langsung oleh perusahaan, yakni dengan mengetahui naik atau turunnya pendapatan perusahaan tersebut.

Karena perannya memiliki pengaruh secara langsung terhadap sebuah perusahaan, tidak heran jika gaji atau salary Business Development begitu menggiurkan. Segera kuliah online di Pintaria untuk mendapatkan kemampuan bidang Business Development dengan skill yang begitu beragam dan menjanjikan di masa depan.

Itulah beberapa alasan mengapa business development merupakan bidang pekerjaan yang begitu menjanjikan, selain dari prospek kerja Business Development yang begitu luas namun ternyata bidang yang satu ini menyediakan prospek lainnya di masa depan yang tidak kalah menarik. Selain bagian business development, tentunya berbagai bidang lain seperti bagian IT  contohnya juga memiliki prospek yang tidak kalah menarik. Mengapa? Silahkan simak alasan pada artikel lain pada laman website ini.

Reply