Komponen Pada Genset Diesel Besar

Komponen Pada Genset Diesel Besar – Genset adalah mesin yang digunakan untuk mengubah energi mekanik menjadi listrik. Genset didukung oleh sumber bahan bakar seperti minyak, bensin, angin atau air yang bergerak. Genset ┬ámenciptakan arus listrik melalui induksi elektromagnetik dan genset secara luas berfungsi sebagai sumber daya cadangan.

Genset bisa digunakan untuk pabrik dan rumah sakit, toko apabila daya utama padam. Jika Anda ingin berbisnis genset, jual genset Manado bisa menjadi pilihan Anda dalam berbisnis. Sebelum berbisnis, pastikan Anda mengetahui komponen yang ada dalam genset.

4 Komponen Dalam Genset Diesel Besar dan Fungsinya

Ada beberapa komponen dalam sebuah genset di antaranya adalah :

  1. Mesin

Setiap genset mengandung mesin, yang umumnya merupakan bagian untuk mengubah sumber bahan bakar menjadi energi yang dapat digunakan atau menjalankan fungsi mekanisnya. Karena alasan ini, mesin kadang-kadang disebut penggerak utama alat berat.

Dalam genset, mesin menggunakan sumber bahan bakarnya (bensin, diesel, gas alam, bio-diesel, air, gas limbah, atau hidrogen) untuk menciptakan energi mekanik yang akan dikonversi oleh genset menjadi listrik.

  1. Sistem bahan bakar

Genset yang menggunakan bahan bakar memiliki sistem yang menyimpan dan memompa bahan bakar yang sesuai ke mesin. Tangki menyimpan bahan bakar yang cukup mampu menyalakan genset selama jumlah jam yang ditentukan. Pipa bahan bakar menghubungkan tangki ke mesin, dan pipa balik menghubungkan mesin ke tangki bahan bakar untuk pengembalian bahan bakar.

  1. Alternator dan Regulator Tegangan

Alternator mengubah energi mekanik yang dihasilkan oleh mesin menjadi arus listrik. Alternator terdiri dari stator dan rotor (atau armature). Stator adalah bagian stasioner yang berisi gulungan dan menghantarkan listrik.

Rotor bergerak untuk menciptakan medan elektromagnetik yang terus berputar di sekitar stator. Alternator menghasilkan tegangan listrik. Genset harus mengatur tegangan untuk menghasilkan arus konstan yang sesuai untuk penggunaan praktis.

  1. Sistem Pendinginan, Pembuangan dan Pelumas

Suhu komponen genset memerlukan regulasi untuk mencegah panas berlebih saat digunakan. Genset dapat menggunakan kipas, pendingin, atau keduanya untuk mengontrol suhu genset di mesin saat bekerja.

Genset juga akan menghasilkan gas buang karena ruang bakar mengubah bahan bakar. Sistem pembuangan menghilangkan gas berbahaya yang dipancarkan oleh genset saat digunakan.

Sudah mengerti mengenai komponen genset dan fungsinya? Jika Anda ingin berbisnis, pastikan memahami jenis-jenis genset dan komponen yang ada di dalamnya.

Reply