Beberapa Peralatan Khusus Penanganan Bayi Prematur Di Rumah Sakit & Klinik

Masih adanya kelahiran prematur di Indonesia perlu mendapatkan perhatian yang lebih. Umumnya untuk calon ibu yang sedang maupun akan menjalani proses kahamilan hingga kelahiran. Secara khusus juga dihimbau kepada rumah sakit & klinik yang berperan langsung dalam proses kelahiran. Hendaknya mempersiapkan segala peralatan medis yang nantinya akan digunakan dalam penanganan jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

 

Berikut ini beberapa macam alat – alat yang biasanya digunakan untuk penanganan dan perawatan bayi prematur di rumah sakit. Sebagai bahan pengetahuan kita tentang proses – proses yang perlu diketahui bersama. Apa saja alat tersebut ?

1. Inkubator Bayi

Kelahiran Prematur tidak selamanya berbahaya dan berdampak buruk pada bayi dan ibunya. Namun ada juga kondisi tertentu pada bayi prematur yang perlu mendapatkan perawatan khusus. Alat Inkubator bayi merupakan sebuah ruangan yang terbuat dari kaca yang dilengkapi dengan peralatan untuk kebutuhan tumbuh kembang si bayi prematur. Alat ini setidaknya harus ada di rumah sakit & klinik yang menangani atau melayani kelahiran.

2. Infant Warmer

Alat lainnya yang juga dibutuhkan oleh bayi prematur adalah alat penghangat. Malahan alat ini tidak hanya diperuntukan pada bayi prematur karena bayi normal pun terkadang membutuhkan alat ini. Infant Warmer digunakan untuk menstabilkan suhu bayi yang mengalami hipotermia. Sebuah kondisi dimana badan bayi belum mampu beradaptasi dengan suhu lingkungan sehingga mengalami kedinginan.

3. Lampu Fototerapi

Kelainan yang sering terjadi pada bayi lahir permatur adalah ikterus atau sering disebut dengan bayi kuning. Hal ini terjadi karena kadar bilirubin yang berlebihan pada tubuh bayi. Penyakit ini ditandai dengan timbulnya kekuningan pada badan dan juga mata bayi. Bilirubin pada kadar tertentu harus segera ditangani salah satunya dengan menggunakan terapi lampu cahaya biru atau sering disebut dengan lampu fototerapi. Oleh sebab itu, peralatan – peralatan seperti ini harus selalu siap di rumah sakit & klinik.

Itulah sedikit ulasan singkat tentang alat medis untuk penanganan bayi prematur dengan kondisi tertentu. Informasi untuk anda yang membutuhkan peralatan khusus untuk bayi prematur, anda bisa cek toko alat kesehatan online Glorya Medica. Disana tersedia berbagai macam peralatan medis untuk penanganan bayi prematur. Jual infant warmer, ikubator bayi, lampu fototerapi, dan berbagai macam peralatan lainnya. Sekian, semoga bermanfaat !

Reply