Wajib Tahu Jika Pemakaian Genset Sekarang Diatur UU

Wajib Tahu Jika Pemakaian Genset Sekarang Diatur UU

Eragenset – Pemakaian mesin genset ternyata tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Ada UU yang mengaturnya yaitu UU Nomor 30 Tahun 2009 mengenai ketenagalistrikan. Dalam Undang-Undang tersebut, dikatakan jika setiap pemakaian genset dengan kapasitas lebih dari 200 kVa harus memperoleh izin terlebih dhaulu dari dinas yang membidangi ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) berupa SLO (Surat Laik Operasi) serta IO (Izin Operasi).

Pemerintah berharap dengan keluarnya regulasi tersebut dunia industry terutama tidak lagi memakai mesin genset secara sembarangan untuk membantu menyuplai tenaga listrik, mengingat ada banyak sekali perusahaan terutama yang bergerak dalam bidang industry baik itu skala kecil atau menengah dan besar, yang memakai mesin genset sebagai alat suplai tenaga listrik.

Belum terpenuhinya ketentuan tentang perizinan pemakaian mesin genset oleh perusahaan sebagaimana yang diatur pada UU Nomor 30 Tahun 2009, kemungkinan besar dikarenakan belum adanya pemberitahuan atau kurangnya sosialisasi dari dinas bersangkutan.

Sebelum ada penemukan perusahaan yang menggunakan mesin genset tanpa memiliki IO dan SLO yang diberikan secara resmi dari instansi terkait, maka pemerintah berencana untuk melakukan edukasi sekaligus sosialisasi pada tiap perusahaan yang secara rutin menggunakan fasilitas dari mesin genset.

Pemerintah sangat berharap jika dengan adanya sosialisasi dan edukasi, pelaku usaha yang memakai mesin genset bisa mematuhi peraturan berdasarkan pada UU Nomor 30 Tahun 2009 dan tidak melakukan pelanggaran.

Jika perizinan tidak diurus juga, maka akan diberikan denda bahkan yang paling buruk bisa dipidana. Sebagai lembaga yang bertugas untuk mengayomi para pengusaha maka pemerintah akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga suasana kondusif dari dunia usaha.

Setelah mengetahui adanya peraturan tertulis ini, kamu yang membuka usaha skala kecil hingga skala menengah harus sudah melapor terutama bila pemakaian gensetnya lebih dari 200 kVa.

Pemakaian genset di sektor industry memang sangat tinggi, mengingat tujuan utama dari perusahaan atau pabrik industry dibangun adalah untuk memproduksi sesuatu, bila satu hari saja pabrik tidak bisa memproduksi barang karena mati lampu maka kerugian yang diperoleh akan sangat besar, jadi mau tidak mau, banyak perusahaan yang pada akhirnya memasang genset untuk menghindari hal tersebut.

 

Reply